Minggu, 02 Oktober 2011

Contoh "menggunakan Bahasa Indonesia secara baik dan benar"

Contoh menggunakan Bahasa Indonesia secara baik dan benar

Menurut Anton M. Moeliono (dalam Majalah Pembinaan Bahasa Indonesia, 1980), berbahasa Indonesia dengan baik dan benar dapat diartikan pemakaian ragam bahasa yang serasi dengan sasarannya dan yang disamping itu mengikuti kaidah bahasa yang betul. Ungkapan bahasa Indonesia yang baik dan benar, sebaliknya, mengacu ke ragam bahasa yang sekaligus memenuhi persyaratan kebaikan dan kebenaran.

Contoh Bahasa Indonesia yang baik dan benar:

- Dosen memberi tahu info kepada mahasiswa

Penjelasasn kalimat :
Pada kehidupan sehari hari kita menggunakan kata “ tahu “ menjadi “tau” di ubah dalam kalimat tidak baku .

- Percakapan sehari hari dengan teman sebaya:
“gue udah di kampus.”

Kalimat diatas merupakan bahasa yang efektif di gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, kalimat di atas bukan merupakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Dari pembahasan di atas penggunaan bahasa baku dan bahasa tidak baku biasanya dilihat dari situasi saat penggunaan bahasa tersebut. Walaupun kalimat tidak baku tidak sesuai dengan bahasa yang baik dan benar namun dalam kehidupan sehari hari kalimat tidak baku lebih mudah di pahami daripada menggunakan kalimat baku dalam masyarakat umum. Contohnya: ketika kita berada di pasar, ketika kita berbincang dengan teman sebaya, dan lain lain.

Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahasa Indonesia yang baik adalah penggunaan bahasa yang sesuai dengan situasi dan kondisi. Hal ini biasanya berhubungan nilai rasa. Seseorang mungkin saja menguasai bahasa lisan secara fasih, namun sulit untuk menguasai bahasa tulisan dengan baik karena berbeda ragamnya. Orang yang menguasai bahasa Indonesia ragam tulisan belum tentu dapat menggunakan ragam tulisan dengan baik.


http://tunas63.wordpress.com/2008/10/26/bahasa-indonesia-yang-baik-dan-benar/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar