Minggu, 02 Oktober 2011

FUNGSI BAHASA SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI

FUNGSI BAHASA SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI

Bahasa merupakan alat komunikasi yang sangat penting bagi kehidupan sehari hari. Bahasa merupakan media ekspresi untuk mengapresiasikan perasaan dan keinginan si pengguna bahasa tersebut. Pada dasarnya, bahasa memiliki fungsi-fungsi tertentu yang digunakan berdasarkan kebutuhan seseorang, yakni sebagai alat untuk mengadakan integrasi dan beradaptasi sosial dalam lingkungan atau situasi tertentu, dan sebagai alat untuk melakukan kontrol social.

Secara khusus, bahasa Indonesia berfungsi sebagai alat komunikasi digunakan dalam berbagai lingkungan, tingkatan, dan kepentingan yang beraneka ragam. Hal ini sesuai dengan prinsip sosiologi yang menyatakan bahwa manusia tidak dapat hidup seorang diri. Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia pasti memerlukan orang lain. Meraka perlu berkomunikasi dalam berbagai lingkungan ditempat mereka berada, seperti antaranggota keluarga, antarmasyarakat, antarteman sebaya, dan sebagainya.

Pada saat kita menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi, kita sudah memiliki tujuan tertentu. Kita ingin dipahami orang lain. Kita ingin menyampaikan gagasan dan pemikiran yang dapat diterima orleh orang lain. Lebih jauh lagi, kita ingin oranglain menanggapi hasil pemikiran kita.

Misalnya, kata mikro hanya dipahami oleh orang-orang dan tingkat pendidikan tertentu, namun kata kecil lebih mudah dimengerti oleh masyarakat umum..Dengan kata lain, kata kecil, dianggap lebih komunikatif karena bersifat lebih umum. Sebaliknya, kata mikro akan memberikan nuansa lain pada bahasa kita, misalnya, nuansa keilmuan, nuansa intelektualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar